Selasa, 16 Desember 2008

Pentingnya Real Estate

Hari ini, kita bicara sebentar tentang real estate, mengapa produk ini sedemikian penting bagi ekonomi.

Pentingnya real estate adalah karena 2 hal. Pertama, kemampuannya untuk mempengaruhi permintaan atas hampir semua produksi industri lainnya. Kedua, dalam hal suplai uang di masyarakat, bagaimana kredit KPR bisa mempengaruhi suplai uang di masyarakat.

Poin #1
Coba bayangkan, apa yang terjadi ketika seseorang membeli rumah?
Rumah tidak muncul karena sulap. Rumah ada setelah industri-industri suplair bahan bangunan memproduksi produk mereka. Semen, granit, cat, genteng, baja, kayu, kabel, pipa, aluminium, dll. Setelah rumah selesai dibangun, orang yang menempati rumah tersebut memerlukan lagi furnitur, tv, radio, kipas angin, AC, alat dapur, perkakas rumah tangga, alat elektronik, dll.

Anda lihat, karena sebuah rumah, sedemikian banyak industri lain tertolong. Tanpa orang-orang membeli rumah, berapa banyak karyawan lain di industri lain yang akan kehilangan pekerjaan?
Sebaliknya, karena booming properti, tak terhitung jumlah orang yang mendapatkan pekerjaan, baik langsung maupun tidak langsung. Coba Anda perhatikan, bukankah hampir semua usaha ramai ketika penjualan properti lancar? Ketika sebuah daerah baru dibuka pembangunannya, bukankah orang-orang yang berjualan di sekitar sana bisa mendapatkan nafkah lebih baik dibanding daerah yang penjualan propertinya stagnan? Jadi kalau Anda sedang ingin membuka toko dan sekarang bingung mau buka di mana, tips dari saya, perhatikan bisnis properti di wilayah yang mau Anda masuki. Semakin bagus penjualan properti di wilayah itu, semakin mungkin bisnis akan ramai di sana.

Poin #2
Suplai uang. Kalau Anda mengikuti blog ini dari awal. Anda sudah tahu kalau uang muncul di masyarakat hanya dalam bentuk kredit (hutang). Karena uang muncul dalam bentuk hutang, dan yang namanya hutang harus dibayar kembali, dan juga karena bunga bank (riba), yang tidak diciptakan oleh bank saat pemberian kredit, maka sebagai sebuah komunitas, orang-orang yang mendapatkan uang dari bank harus bergantian mengajukan kredit baru untuk menggantikan pembayaran bunga dan sebagian hutang pokok pinjaman lama setiap tahun.

KPR (termasuk juga kredit ruko dan apartemen), seperti yang Anda ketahui, bukanlah pinjaman jangka pendek. Di Indonesia, orang mengajukan KPR untuk pembayaran selama 7 - 15 tahun. Di negara-negara maju, kredit KPR bisa selama 30 tahun.

Jadi, uang yang dipinjam debitur KPR ini bisa eksis di masyarakat untuk jangka waktu 7 - 30 tahun di masyarakat tersebut. Bulan demi bulan, tahun demi tahun, pinjaman tersebut perlahan-lahan dikembalikan kepada perbankan. Tidak ada satu produk konsumsi apapun yang bisa menandingi KPR dalam hal volume uang (kredit) yang bisa diciptakan, dan juga uang yang bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama di masyarakat.

Jadi ketahuilah, salah satu hal yang paling berbahaya bagi dalam konteks suplai uang di masyarakat adalah macetnya penjualan rumah dan banyaknya orang yang membayar lunas hutang KPR mereka. Hehe.. Jangan kaget, tetapi memang ini kenyataannya, semakin banyak orang melunasi hutang mereka (KPR), semakin sedikit suplai uang di masyarakat. Dan ingat ini... Tidak ada pengurangan suplai uang di masyarakat yang tidak diikuti dengan resesi / depresi. Tidak ada.

Ketika orang default / gagal bayar, bank terpaksa mencoret pinjaman debitur di kolom aset mereka, tetapi titipan uang nasabah tidak bisa dikurangi, maka yang terjadi adalah modalnya yang berkurang. Kalau modal mereka berkurang, maka pinjaman yang bisa mereka berikan sesuai dengan fractional reserve system juga berkurang. Jadi default juga akan menyebabkan pengurangan suplai uang di masyarakat, tetapi efeknya berbeda dengan orang yang melunasi hutang KPR mereka.

**************************

Saat ini, kita melihat collapsenya bisnis properti di negara-negara maju. Kita fokus saja ke Amerika, karena negara inilah yang paling penting kalau Anda mau berspekulasi apa yang akan terjadi di bulan-bulan kemudian di seluruh dunia. Ingat, dolar Amerika adalah reserve currency seluruh negara di dunia, hampir semua transaksi internasional menggunakan US dolar. Seberapa banyak bank sentral sebuah negara bisa menciptakan kredit di negaranya juga dipengaruhi oleh seberapa banyak cadangan US dolar mereka.

Siapa yang bisa menciptakan US dolar? Jawabannya adalah HANYA konsumen dan pemerintah Amerika. Siapapun selain mereka berdua tidak bisa menciptakan US dolar, sebab hanya merekalah yang bisa mengajukan kredit kepada perbankan Amerika untuk menciptakan dolar (kredit). Kalau Anda melihat orang lain di berbagai belahan dunia bertransaksi dolar, itu adalah dolar-dolar yang sudah eksis sebelumnya, bukan dolar fresh from US banking oven..

Konsumen Amerika sudah di ambang batas untuk berhutang lebih jauh, pemerintah Amerika juga sama buruknya. Mereka berdua sekarang tidak sanggup membayar hutang pokok masing-masing, bulan demi bulan sekarang hanya berupaya membayar bunga pinjaman. Tetapi US dolar masih adalah reserve currency dunia. Itu masalahnya. Pemerintah Amerika bisa saja mengambil jalan pintas untuk pelunasan hutang-hutang mereka, caranya adalah nyalakan mesin cetak di Federal Reserve Bank.

Seluruh dunia sekarang melihat apa yang akan mereka lakukan. Kita sedang menuju kalau bukan hiperdeflasi karena suplai uang (total cash & kredit) di Amerika yang berkurang drastis dengan sangat cepat, berarti hiperinflasi karena pemerintah Amerika memutuskan untuk mengintervensi keadaan dengan menyelesaikan masalah dengan cara mencetak uang baru.

Siapapun yang berpikir ini hanyalah resesi kecil, ekonomi akan sedikit buruk, tetapi tidak buruk-buruk amat... Anda sebaiknya mengedukasi diri Anda secepatnya. Terakhir kali dunia memasuki situasi seperti ini (1930-an), tahun-tahun berikutnya manusia memasuki perang dunia II.

Jutaan orang akan kembali musnah di tahun-tahun berikut, kalau bukan karena perang, berarti karena wabah lainnya.

Believe or not, up to you.

16 komentar:

Anonim mengatakan...

Bro, kalau file-file ada yg hilang, jgn khawatir, sebagian kecil masih kusimpan aman di sini....
Apa efeknya kalau tidak ada KPR bro? Mungkin selamanya (bagi kebanyakan kalangan) kita tidak pernah punya tempat tinggal. Akhirnya, demi tercukupi sandang-pangan-papan, keluarga muda mulai bersusah payah mencari pinjaman dari orangtua atau keluarga dekat (biasanya tanpa bunga lho!) untuk membayar uang muka KPR. Setelah itu beres, biasanya mereka membuat slip gaji ataupun keterangan penghasilan palsu untuk memuluskan pengucuran kredit dari bank (sorry bro, ini bukan ngajari yg jelek2 lho...!), tapi kenyataan demikian. Entah berhasil atau default, yg jelas kenyataan ini terjadi akibat semakin sedikitnya tanah warisan dari kakek dan nenek kita. Mudah-mudahan tulisanmu ini banyak berguna untuk membuka cakrawala kita sehingga kalaupun kita harus menempuh KPR sebagai jalan keluar untuk memiliki rumah sendiri, kita sudah paham akan resiko dan antisipasi yang lebih baik.

Pustaka Pohon Bodhi mengatakan...

Saya rasa harga rumah akan jauh lebih murah bro kalau orang-orang yang memproduksi bahan bangunan rumah tidak berhutang. Hampir semua industri memark-up besar harga jual mereka karena kewajiban untuk membayar bank.

Ntar saya sambung di blog lagi cerita tentang KPR, harga rumah, dll.

Thanks.

adi mengatakan...

sangat di tunggu artikel mengenai KPR nya yah bro.. makasih sekali

Surya mengatakan...

Blog yang luar biasa, nice post gan..

Anonim mengatakan...

Saya tunggu postingan selanjutnya bro.. Sukses Selalu

SUWANDI ROBBY mengatakan...

BERITA BAIK BERITA BAIK

Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjadi persekutuan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan undang-undang atau peraturan dewan ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

Saya sangat mengabdikan diri untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
Hanya WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
Tel .... (+ 44) 7480 729811
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

charity white mengatakan...

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

REBACCA ALMA LOAN COMPANY mengatakan...

TAWARAN PINJAMAN URGENT APLIKAT SEKARANG.


Peminjam Pinjaman yang dihormati,


Salam dari REBACCA ALMAL LOAN SYARIKAT.


Kami disahkan Peminjam pinjaman yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang memerlukan pinjaman. Kami memberi pinjaman untuk projek, perniagaan, cukai, hutang, bil, dan banyak sebab lain. Kami beroperasi pada kadar faedah 2%. Ada lebih banyak untuk mendapatkan pinjaman daripada syarikat ini, jadi Adakah anda memerlukan pinjaman? Adakah anda dalam hutang? Adakah anda ingin memulakan perniagaan dan memerlukan modal? Adakah anda memerlukan pinjaman atau pembiayaan untuk apa-apa sebab? Bantuan anda akhirnya di sini, kerana kami memberi pinjaman kepada semua orang dengan kadar faedah yang murah dan berpatutan hanya 2%, jika berminat hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman anda hari ini.


kami memberikan yang berikut;

*Pembaikan rumah

* Pinjaman Pencipta

* Pinjaman Kereta

* Pinjaman Penyatuan Hutang

* Talian Kredit

* Pinjaman Kedua

* Pinjaman Perniagaan

* Pinjaman Peribadi

* Pinjaman Antarabangsa.


Kami bersertifikat, boleh dipercayai, boleh dipercayai, cekap, pantas dan dinamik. Jika anda berminat sila hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662


Semoga berjaya,

SYARIKAT PINJAMAN REBACCA ALMAL.

Ny. SISKA WIBOWO mengatakan...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

RIKA NADIA mengatakan...

Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

Mohammad Ismali mengatakan...

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

SURYANTO SURYANTO mengatakan...

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

SURYANTO SURYANTO mengatakan...

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

CORINA ALVARADO mengatakan...

Nama saya CORINA ALVARADO, saya dari Filipina dan saya tinggal di kota dipolog. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menulis kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di internet bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman nyata dan sah, karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari saya ditipu oleh 2 perusahaan saya mengajukan pinjaman dari dan karina roland adalah perusahaan ketiga yang saya lamar dari saya menerima pinjaman saya dari karina elena roland perusahaan pinjaman dalam waktu kurang dari 2 jam seperti yang dikatakan perusahaan kepada saya sehingga siapa pun yang membutuhkan pinjaman online tanpa ditipu harus melamar dari karina roland dan beristirahat yakin bahwa Anda akan senang dengan perusahaan ini. Anda hanya dapat menghubungi perusahaan ini melalui whatsapp +1(585)708-3478 atau email karinarolandloancompany@gmail.com. Salam untuk siapa saja yang membaca pesan ini di seluruh dunia.