Selasa, 05 Mei 2009

Siklus Alam Semesta

Hari ini, saya postingkan sebuah gambar yang harusnya sudah sering Anda lihat di TV, simbol Tai Ji.

Seberapa simbol ini bisa menjelaskan berbagai kejadian & siklus di alam yang kita tinggali ini, mungkin tergantung persepsi Anda masing-masing.

Note, dari gambar simbol:
Yang = putih
Yin = hitam

3 garis yang Anda lihat itu sendiri dinamakan Trigram.
Tiga garis penuh = Yang maksimum.
Tiga garis putus = Yin maksimum


Kalau Anda membayangkan Yang sebagai sifat tertentu (+), maka Yin adalah kebalikan dari sifat tersebut (-), misalnya:

Yang : panas, maka Yin : dingin
Yang : cepat, maka Yin : lambat
Yang : kuat, maka Yin : lemah
Yang : rajin, maka Yin : malas

Perhatikan gambar di atas:

Setelah Yang mencapai puncak, bibit Yin lahir,
Lalu Yin mulai mengelilingi Yang,
Kemudian Yin mendominasi Yang.

Setelah Yin mencapai puncak, bibit Yang lahir,
Lalu Yang mengelilingi Yin,
Kemudian Yang mendominasi Yin.

& kembali lagi ke siklus Yang mencapai puncak, dst…

Keseluruhan siklus di alam semesta, akan membentuk pola ini berulang-ulang. Sifat manusia, cuaca, kesehatan, nasib sebuah keluarga, bahkan nasib sebuah bangsa, tidak akan terlepas dari fenomena yang sama.

Sejarah memang tidak berulang dengan cara yang persis sama, tetapi kalau Anda perhatikan, kejadian-kejadian di alam akan berulang dengan pola yang mirip, yang berbeda-beda hanyalah rentang waktu kejadian dan pelakunya.

***

Bagi Anda yang khawatir krisis ekonomi ini akan sangat buruk dan mengancam kehidupan keluarga Anda, mungkin Anda benar, mungkin juga tidak, tidak ada yang bisa tahu pasti. Kejadian yang sama bisa membawa efek yang berbeda terhadap orang yang berbeda, karena respon masing-masing orang berbeda.

Ekonomi modern dunia sudah “booming” sejak selesainya perang dunia kedua (volume hutang nyaris membentuk kurva parabolik di hampir semua negara). Apakah siklus booming ini akan berubah arah menjadi siklus busting (pecahnya balon), ya kita lihat saja.

Waktu akan menunjukkannya kepada kita.

***

Bagi Anda yang pertama kali datang ke sini, moga-moga Anda punya 3 – 4 jam senggang untuk membaca semua yang pernah saya posting di sini.

Tidak ada satu artikel pendek manapun yang akan Anda temukan di dunia yang bisa menjelaskan semua rangkaian sebab-akibat dari berbagai kejadian di dunia. Sebenarnya, sekalipun Anda membaca semua yang pernah saya tulis di sini, juga masih tidak akan mendekati cukup.

Tapi kalau Anda mau membaca semua postingan di sini, mulai dari 2 dongeng tentang penciptaan uang kita (1) & (2), lalu ke Sejarah Money Changer, Sejarah Dinasti Rothschild, dan artikel-artikel lainnya, saya cukup yakin Anda setidaknya sudah lebih mehamami masalah dibanding ratusan juta orang Indonesia yang lain, & Anda tidak akan sibuk-sibuk berdebat dengan orang lain mengenai berbagai akibat dari masalah lagi.

Tanpa menyelesaikan penyebab dari masalah (sistem penciptaan uang), semua perdebatan yang lain yang Anda dengar dari orang-orang di sekitar Anda tentang cara menciptakan dunia yang lebih baik (isu politik, parlemen, hukum, KKN, dll) hanyalah pertengkaran kosmetika, sampai kapanpun tidak akan menyelesaikan masalah…

Terima kasih telah mengunjungi blog Pustaka Pohon Bodhi. Walaupun tidak saling kenal, tapi karena di antara jutaan alamat web di internet, ternyata Anda bisa juga datang ke sini, saya rasa ini juga sudah pertanda sebuah perjodohan.

Nice to know you all, & May God bless you. Bye2.

10 komentar:

aris mengatakan...

saya senang dengan tulisan bapak semoga bapak tidak sampai disini dalam membuat karya karya.saya juga berusaha untuk mempromosikan BLOG bapak di beberapa situs agar BLOG bapak ramai di kunjungi dan bapak lebih semangat dan kreatif lagi menulis.trimakasih pak

Pustaka Pohon Bodhi mengatakan...

Thank you..

Anonim mengatakan...

Pak, terimakasih untuk membuat artikel yang cerdas dan menyadarkan orang. Saya cukup sering bertandang ke blog ini.
jadi ada yang bikin saya sadar ada yang beda di artikel ini, knapa ya ada tulisan bye2 ...

Anonim mengatakan...

trima kasih pak buat artikelnya
gbu

Kevin mengatakan...

Sekitar setahun lebih lalu saya membaca buku masa lalu uang, hinsnya karena ada satu situs yang menyebut2 buku itu untuk dibaca. mau tahu apa efeknya setelah membaca buku itu, cara pandang saya tentang dunia ini menjadi berubah 360 derajat. ini fakta yang bisa menjelaskan segala sebab akibat. sampai2 saya borong bukunya digramed dan dishare ke temen2 untuk membacanya. stok di gramed matraman sudah habis. Adanya situs ini sangat membantu untuk mempromote ketemen2. teruslah menulis, salam

Bayu mengatakan...

dulu saya sempat diajak teman untuk bermain valas dan saham, dan dari sana saya mencoba mencari tahu asal mula uang, bagaimana sistemnya, dan siapa yang diuntungkan..
sejak itu saya sadar akan apa yg terjadi..
saya setuju dengan sebagian besar apa yg anda tulis di blog ini, dan semoga semakin banyak orang yang sadar dengan apa yg telah terjadi sampai saat ini..
untuk minta perubahan sistem sepertinya sudah ratusan tahun terlambat.. semua orang sudah terlalu dalam terlibat..
terus terang saya menunggu bom waktu itu meledak.. mungkin hanya dengan itu semua orang bisa menyadari betapa jahatnya sistem yg ada saat ini..

terima kasih..
i'll be promoting this blog..
keep a backup of your writings, "someone powerful" might just ask for it to be removed..

Anonim mengatakan...

sebentar lagi pemilihan presiden
dari sekian capres-cawapres yg mana yang paling mendukung system busuk ini.
saya mendengar salah satu CAWAPRES ada yg mendukung kuat system ini.
semoga kalau memang benar dia tidak terpilih.

Anonim mengatakan...

Pohon Bodhi, anda benar, siklus masyarakat sejak jaman purba selalu seperti itu. Ketika masyarakat mulai bengkok dan jauh dari nilai2 ketuhanan, diutuslah nabi untuk meluruskannya. Sepeninggal nabi itu lambat laun masyarakat akan bengkok lagi, menjauh dari nilai2 ketuhanan, maka akan diutus lagi nabi yang lain, dan demikian seterusnya. Dan tampaknya (menurut keyakinan pribadi saya) ini adalah masa sepeninggal nabi terakhir, umat manusia akan sangat, sangat bengkok, jauh dari nilai2 ketuhanan sebelum akhirnya dunia menuju kiamat, Wallahu a'lam.

Unknown mengatakan...


the universe has gone through many cycles of formation and destruction of countless
togel online

torianu wisnu mengatakan...

Apakah komen ini akan terbaca? Kemudian datang menyapa. Semoga sehat pak..