Selasa, 29 Juni 2010

Selangkah Lebih Dekat Ke Panggung Likuidasi

Seandainya kebijakan dari benua Republik Amerika Utara ini benar-benar diterapkan, pemerintah akan memiliki uang mereka tanpa ongkos. Mereka bisa melunasi hutang mereka dan menjadi negara bebas tanpa hutang. Mereka akan memiliki semua uang yang mereka butuhkan untuk menjalankan perdagangan. Mereka akan menjadi makmur melebihi negara manapun di dunia. Pemerintahan itu harus dihancurkan atau dia akan menghancurkan semua monarki di muka bumi.”
-Lord Goschen, 1865, mengenai uang bebas hutang Amerika, greenbacks-

Di tulisan-tulisan sebelumnya saya pernah mengatakan bahwa di dalam debt based money system, semua orang & negara adalah aset, sampai mereka tidak lagi sanggup membayar uang sewa uang, maka mereka akan berubah menjadi liabilitas.

Dan nasib liabilitas di dalam sistem ini adalah mati (seminim-minimnya, hidup dalam kelaparan).

Mungkin pertanyaan bagi kebanyakan orang adalah: Apakah tidak bisa kalau kita menyelesaikan persoalan ini dengan cara mencetak uang saja? Jawabannya adalah bisa… untuk sementara waktu, sampai akhirnya menjadi tidak bisa (kecuali yang dicetak adalah uang bukan hutang).

Sebelumnya, mari kita lihat apakah ada bedanya deflasi dengan hiperinflasi… Bayangkan ini:

Mulai suatu ketika, di sebuah negara A, mereka (pemerintah & swasta):
* Mengekspor barang senilai 100 ton emas setiap bulan.
* Mengimpor barang senilai 120 ton emas setiap bulan.

Total tabungan emas yang ada di negara A adalah 200 ton.

Dengan defisit 20 ton.bulan, semua tabungan emas di negara ini akan habis dalam 10 bulan. Mulai bulan ke-11, tidak ada cukup emas untuk menutupi semua kebutuhan mereka. Untuk menyederhanakan situasi, kita asumsikan semua barang yang perlu diimpor adalah sangat penting, tidak boleh ada yang dihilangkan. Maka pilihan mereka ada 2:

1. Mereka harus sanggup meningkatkan produksi dan mengekspor lebih banyak barang, sampai mencapai minimal 120 ton emas/bulan.
2. Kalau tidak bisa, sebagian dari mereka akan kelaparan (atau mati).

Saat ini, kita tidak lagi menggunakan emas. Kita bisa mengganti kosakata emas dengan mata uang yang lain, misalnya dolar A.

Pemerintah negara A, yang putus asa karena tidak sanggup mengimpor kekurangan barang setara 20 ton emas/bulan tadi, mulai mencetak uang (dolar A) setara 20 ton emas lebih banyak setiap bulan agar mereka bisa mengimpor barang setara 20 ton emas tadi. Uang ini, begitu dicetak, langsung dipakai untuk membeli barang dari luar.

Apa yang terjadi?

Mungkin awalnya mitra dagang negara A tidak akan menaikkan harga (dalam mata uang dolar A), karena belum benar-benar tahu apa yang sebenarnya dilakukan pemerintah negara A. Selama beberapa bulan, negara A tetap sanggup memenuhi kebutuhan mereka yang setara 120 ton emas, dengan bantuan mesin cetak.

Huuh… Pemerintah negara A pun bersyukur… “Kita berhasil melewati beberapa bulan.”

Kemudian, mitra dagang A mulai paham apa yang dilakukan A. Dolar A seharusnya tidak memiliki daya beli senilai beberapa bulan lalu, nilai dolar A seharusnya jatuh karena pemerintah A mencetak mereka tanpa modal dan berharap mendapatkan barang yang diproduksi mereka dengan susah payah. Harga dagangan mereka pun naik harga.

Sekarang, negara A harus mencetak lebih banyak uang lagi agar bisa membeli barang yang sudah naik harganya. Semakin dicetak, semakin mahal harga barang yang mereka impor. Lalu negara A pun mencetak lebih banyak lagi, dan harga pun naik lebih tinggi lagi. Ini lingkaran tak berujung.

Bila dilakukan terlalu lama, daya beli dolar A tidak akan jatuh teratur lagi, tetapi akan jatuh secara eksponensial dan kehilangan nilainya karena semua mitra dagang A sudah tidak mau berdagang lagi dengan A.

Ini ilustrasi yang disederhanakan, tapi inti dalam ilustrasi ini adalah sangat penting kalau Anda mau mengimajinasikan apa yang sebenarnya terjadi di Weimar, atau Zimbabwe, dan lainnya. Deflasi Vs Hiperinflasi.

Permasalannya ada di surplus / defisit negara itu secara keseluruhan. Weimar sudah ditakdirkan untuk bangkrut paska perjanjian Versailles. Tidak ada cukup uang di tangan rakyat Jerman untuk membayar ongkos ganti rugi perang yang dibebankan kepada mereka. Mencetak uang hanyalah cara untuk mengulur waktu, apa yang tak terhindarkan pada akhirnya tetap tak terhindarkan. Bangkrut.

Hal yang sama di Zimbabwe. Mereka mengimpor lebih banyak daripada mengekspor. Saat tidak ada lagi kekayaan setara defisit akumulatif mereka, pemerintahan mereka pun mencetak uang untuk membeli dolar dan mengimpor barang. Di akhir percobaan, uang mereka menjadi lebih murah dari tissue paper.

Ini bukan masalah mencetak uang atau tidak kawan. Dalam standard emas sempurna sekalipun, kalau sebuah negara menghabiskan semua emas mereka dan kemudian hidup defisit setiap bulan, rakyat mereka tetap akan kelaparan pada akhirnya. Ini hanya masalah waktu. Saat cukup banyak emas mengalir keluar dan tidak kembali lagi, the game is over.

Akhir dari sebuah siklus debt based money adalah deflasi. It’s the end. Tetapi waktu ini bisa ditunda sementara kalau pemerintah mau menyalakan mesin cetak. Weimar dan Zimbabwe, kalau saja mereka tidak menyalakan mesin cetak, mereka akan kelaparan lebih cepat.

Efek akhir deflasi dan hiperinflasi pada dasarnya adalah sama. Hiperinflasi adalah deflasi versi yang diperpanjang, di mana pemerintah menunda hari penghakiman dengan cara mencetak uang dan menurunkan daya beli rata-rata uang rakyat mereka. Mungkin agak rumit untuk mengukur index kemakmuran penduduk, tapi kalau bisa dibuat, hasil akhirnya akan tetap sama. Kemakmuran rata-rata penduduk di negara yang mengalami kedua hal itu akan sama… sama-sama turun.

Kalau Anda sudah membaca blog ini cukup lama, Anda tahu bahwa majikan uang dunia cepat atau lambat akan mencari cara untuk melikuidasi liabilitas, singkirkan cukup orang dan mulai lagi siklus debt based money system yang berikut.

Awalnya saya mengira proses likuidasi masih akan menggunakan cara yang paling kuno, rekayasa perang skala besar (perang dunia ke-3). Tapi kejadiaan akhir-akhir ini membuat saya khawatir mereka akan menggunakan cara yang belum pernah dicoba sebelumnya… Penghancuran ekosistem. Tentu saja, ini hanyalah kekhawatiran, saya tidak 100% yakin bencana ini adalah strategi likuidasi yang sedang direncanakan.

Saya rasa untuk pertama kalinya dalam sejarah, spesies manusia sudah menguasai cukup teknologi untuk menghancurkan sebuah planet. Di balik gelombang besar penyebaran informasi tentang rezim kriminal bankir zionis tahun-tahun ini, tragedi terbesar adalah posisi para kriminal ini sudah sedemikian dominan di dunia . Anda tidak perlu diberitahu lagi siapa yang sedang memegang kendali, siapa bos besar di hampir setiap sektor produksi dan distribusi di dunia, termasuk industri senjata/militer. Kalau dunia mengancam kekuasaan mereka cukup kuat, sulit dibayangkan apa yang bersedia mereka lakukan untuk membalas dan mempertahankan status quo dominasi mereka.

Bencana Teluk Mexico, yang katanya murni “accidental”, efeknya luar biasa mengerikan. Sebagai orang awam, saya rasa wajar kita bertanya:

1. Kalau luapan di daratan saja yang belum tentu bisa ditutupi, bagaimana caranya menutupi bocoran minyak di kedalaman 1500 meter di dasar lautan? Titik bocoran menurut beberapa berita sudah menyebar di berbagai titik di dasar laut yang topografi tanahnya sangat terjal.




Topografi Tanah Lokasi Kebocoran

2. Bagi yang menyarankan penggunaan bom nuklir untuk meledakkan tanah dan menutupi lubang semburan, apakah benar-benar gagasan yang baik untuk menyalakan peledak di dekat luapan minyak dan gas?

3. Seberapa jauh minyak akan menghalangi penguapan air laut, yang artinya menghalangi hujan di daratan? Tanpa hujan yang normal, apa akibatnya bagi prospek panen dan suplai bahan pangan?

4. Seberapa jauh pengaruh gas yang menguap sekarang, seberapa beracunnya gas ini kalau sudah tertiup dan sampai ke daratan yang penuh dengan pemukiman?

5. Berapa persen kehidupan laut yang akan punah akibat semburan minyak dan gas ini? Seberapa berbahayakah zat dispersan minyak yang saat ini digunakan BP?

6. Dan pertanyaan yang paling penting, dalam worst case scenario, seberapa lama minyak dan gas dari perut bumi ini akan meluap? Seberapa besar porsi samudera yang akan terkontaminasi semburan minyak dan gas ini? Seberapa besar efek kematian makluk yang bisa terjadi di planet ini?

Gunakan saja angka yang diberitakan saat ini, perkiraan 50 – 100 ribu barrel per hari!
100 ribu x 30 = 3 juta barrel / bulan
3 x 12 = 36 juta barrel / tahun

Moga-moga saya salah baca, katanya dalam waktu 18 bulan (2012) minyak ini sudah akan sampai di Samudra Atlantik. Amerika Selatan, Eropa dan Afrika barat akan menjadi daerah kontaminasi berikut. Sedangkan dalam jangka beberapa bulan ke depan, pemerintah Amerika sebenarnya sudah harus memulai untuk evakuasi penduduk di sekitar teluk, puluhan juta orang mungkin harus berpindah. Bila tidak dilakukan, resiko gangguan kesehatan penduduk di sana akibat udara dan hujan beracun akan sangat serius.

Pertanyaannya… Pengungsi mau pindah ke mana? Kerja di mana? Makan apa?



Sebenarnya, tanpa kejadian ini pun, manusia perlu khawatir akan harga minyak. Dengan kejadian ini, prospek harga minyak menjadi benar-benar mengkhawatirkan. Pengeboran minyak di lautan sudah pasti akan diperketat, padahal dunia membutuhkan semakin banyak minyak.

PEAK OIL

Teori mengenai Peak Oil pertama kali dikemukakan oleh seorang geolog dari Amerika, Hubbert Peak, pada pertengahan 1950-an. Menurut dia, bila kita sudah mulai memompa setengah dari sumur sebuah minyak, kecepatan pompa akan menurun dan output produksi akan turun setelahnya.

Menurut para geolog minyak, bila tidak ada penemuan minyak dalam jumlah besar di tahun-tahun mendatang, dunia akan segera mencapai kapasitas puncak produksi minyak. Mereka mengatakan bahwa puncak produksi minyak akan terjadi antara 2005 - 2012.


Perkiraan Produksi Minyak Dunia

Bagi Anda yang belum mendengar tentang peak oil dan konsekwensinya, coba bayangkan ini…

Keseluruhan kegiatan di planet ini membutuhkan energi. Zaman dan level peradaban sebuah populasi juga berbanding lurus dengan energi yang mereka konsumsi. Kalau bukan karena minyak, sejarah abad 19 & 20 tentunya akan sama sekali berbeda. Bisa Anda bayangkan kita masih menggunakan sepeda dan kuda sebagai transport? Bisa Anda bayangkan kalau manusia masih mengandalkan batubara dan kayu bakar? Berapa persen orang yang bisa menikmati listrik? Berapa daya produksi mesin dan output barang / jasa di dunia? Berapa total populasi dunia sekarang kalau bukan karena revolusi sumber energi?

Sekarang bayangkan ini… Bagaimana kalau output produksi minyak akan memuncak di tahun-tahun ini dan kemudian turun… dan turun… Apa akibatnya bagi peradaban manusia dan jumlah penduduk?

Penduduk bertambah seiring dengan produksi minyak

Kalau suplai sumber energi berkurang, cepat atau lambat penduduk akan berkurang. Tetapi… Siapa orang yang mau masuk statistik penduduk yang berkurang itu? Nobody wants to die… Kondisi bagaimana yang bisa memaksa penduduk bumi turun ke level 5 milyar, 4 milyar, 3 milyar, atau 1 milyar??

Note:
Mungkin juga sebenarnya ada penemuan lainnya yang belum dikembangkan, mungkin tanpa minyak manusia malahan bisa menemukan sumber energi yang bahkan lebih murah dan hebat… Ada yang mengatakan bahwa Nikola Tesla sudah menemukan cara mengalirkan listrik dengan biaya amat murah pada abad yang lalu, tetapi penemuan ini tidak pernah direalisasikan karena dihalangi oleh bos industri minyak. Bagaimana caranya menghalangi? Jangan pinjamkan proyek ini uang! Pemilik bank-bank besar dan bos minyak di Amerika orangnya ya itu-itu saja (baca sejarah dinasti Rothschild).


Kembali ke isu minyak. Dengan status quo, di mana minyak adalah sumber energi paling penting di dunia. Seiring dengan memuncaknya produksi minyak, memuncak juga level peradaban dan populasi manusia. Tanpa menyelesaikan masalah suplai energi, dekade-dekade ke depan akan menjadi dekade pembantaian kehidupan yang tak terbayangkan. Harga minyak akan melambung tinggi, hanya orang / negara yang paling kaya saja yang akan tercukupi kebutuhan minyaknya.



Saya bukan sedang menulis novel konspirasi kawan. Peak Oil adalah isu yang sangat-sangat serius. Bila dikombinasikan dengan fakta bahwa kemampuan manusia (terutama di US & Eropa) untuk membayar ongkos sewa uang dalam debt based money system saat ini sudah di ambang limit, adalah kesimpulan yang wajar untuk mengatakan sejumlah manusia di dunia tinggal menunggu waktu untuk menghadapi proses likuidasi liabilitas di dalam sistem.

Panggung menuju likuidasi besar sedang dipersiapkan, dan kalau beberapa bom nuklir bisa dilempar ke Iran & Israel menjelang 2012, maka panggung likuidasi ini benar-benar akan menjadi sempurna. Mungkin film 2012 versi Hollywood kemarin tidak akan tampak terlalu fiktif lagi…

Catatan lainnya, hari-hari ini kita sering medengar kata austerity (hidup hemat) dari pertemuan G20. Apa yang sebenarnya mereka maksudkan?

Semua uang adalah hutang. Saat rakyat mereka tidak sanggup membayar hutang dan gagal bayar atas kredit mereka, bank pun menderita kerugian. Lalu kerugian ini ditomboki oleh pemerintah dengan menaikkan hutang pemerintah*. Sekarang, bahkan pemerintah mereka pun gak sanggup melanjutkan operasional mereka. Penerimaan mereka (terutama dari pajak) tidak sanggup menutupi semua pengeluaran mereka: pembayaran gaji, biaya pembangunan proyek, pembayaran pensiunan, pembayaran cicilan hutang, dll.

* Yang dinaikkan pemerintah adalah hutang. Pemerintah tidak mencetak uang (printing money), mereka tidak berhak melakukannya! Yang mereka cetak adalah bond (surat hutang). Masalah siapa yang beli, apakah dana dari sektor swasta atau bank sentral adalah isu yang lain.

Maka di ambang kebangkrutan ini, pemerintah mereka pun angkat tangan, dan melancarkan slogan baru. “Mari Hidup Hemat*.” Ini nantinya akan berujung ke PHK besar-besaran pegawai negeri dan penghentian sejumlah besar proyek infrastruktur. Tentu saja, program bailout perbankan akan tetap berlanjut, bonus dan gaji aduhai para bankir akan tetap berlanjut. Manusia-manusia penting ini tidak termasuk dalam paket austerity.

* Hemat seharusnya adalah sebuah pilihan. Artinya, kalau Anda punya uang, dan Anda memilih untuk menggunakannya dengan lebih hati-hati / tidak sembarangan, itu namanya hemat. Tetapi, paket “austerity” yang sedang dislogankan G20 ini, mereka tidak memilih demikian, mereka terpaksa untuk hidup demikian. Tidak ada uang lagi, mereka sudah bangkrut. Ini bukan hemat namanya!

Bila G20 benar-benar serius melaksanakan program "penghematan" ini, bulan-bulan dan tahun-tahun ke depan akan menjadi era deflasi besar. Banyak orang akan jatuh miskin.

Dan pertanyaan yang paling penting bagi semua orang, akankah krisis ini diakhiri dengan terbukanya mata orang, bahwa pemerintah pada dasarnya tidak wajib meminjam, dan suplai uang sebenarnya tidak harus muncul dalam bentuk hutang berbunga?

Printing money tidaklah seburuk seperti yang sering dituduhkan orang, yang selalu mengaitkannya dengan isu hiperinflasi. Sangat berbeda ketika negara mencetak uang untuk melanjutkan proyek pembangunan, atau untuk membiayai proyek produktif misalnya pertanian atau pertambangan mereka, dibanding mencetak uang hanya untuk membayar kebutuhan konsumsi. Ini sangat berbeda.

Seandainya negara A pada contoh di depan bisa mencetak cukup dolar A tambahan dan uang itu memang dipakai untuk menaikkan produksi di dalam negeri, membantu seluruh negeri agar bisa mengekspor barang setara minimal 120 ton emas/bulan, maka printing money justru akan menjadi solusi, bukan masalah.

Di bawah ini ada sebuah website, berisi beberapa buku yang sebagian juga ditulis oleh Louis Even (baca dongeng: Mitos Uang). Isinya tentang metode social credit sebagai uang. Tulisan-tulisan semacam ini, dan metode lain yang juga ada (Anda bisa mencarinya di internet), adalah untuk menunjukkan bahwa gagasan-gagasan lain tentang metode penciptaan uang adalah tersedia. Sistem bankers debt based money system seperti yang sedang kita praktekkan bukanlah opsi satu-satunya di dunia.

Austerity” program… Atau mungkin lebih tepatnya Poverty program, sebenarnya bisa dihindari.

Silahkan membaca dan memikirkannya…
www.michaeljournal.org

105 komentar:

Anonim mengatakan...

Maaf ya, OOT nih pertanyaannya.

Bagaimana pendapat anda tentang negara Panama yang tidak memiliki central bank?

Mungkin anda bisa buat artikel tentang hal ini.

Trims.

Anonim mengatakan...

@anonim : ah siapa bilang, lagian yang paling penting malah bukan bank sentral saja, justru bank2 komersial yang memberikan kredit (sebagai uang) di negara seperti panama yang membuat uang ada. lihat ini :

ditransfer lagi oleh terdakwa dengan menggunakan komputer ke:

Rekening nomor 314382 pada Union Bank Switzerland di Panama City US$2.730.000

Rekening nomor 20.020370-1 pada Banco De Occidente di Panama City US$2.590.000

Rekening nomor 15.5029 pada Banco De Istmo di Panama City US$1.720.000

Anonim mengatakan...

neh : Banco Nacional de Panamá
Casa Matriz
Via España
Ciudad de Panamá
Teléfono: (507)505-2000
Apartado 5220 Panamá República de Panamá

Anonim mengatakan...

Pak bodhi, seperti yang anda tulis di sini bahwa akhir dari 'permainan' ini adalah deflasi, pertanyaan saya bukankah amerika dapat mencetak dolar terus untuk menutupi kekurangan uangnya, toh negara lain tidak dapat menolak untuk tidak menggunakan dolar karena untuk mengganti dolar sistem bukanlah suatu hal yang dapat dilakukan dengan mudah, harus ada kesepakatan dari mayoritas negara2 di dunia ini, lagipula saya pikir amerika akan mati2an mempertahankan dolar sistemnya.

lalu, apakah puncak dari deflasi ini sudah di depan mata? menurut anda kira2 berapa lama lagi? thanks!

Pohon Bodhi mengatakan...

Deflasi di Amerika sudah dimulai sejak 2008. QE berhasil membeli waktu & menahan siklus itu untuk sementara.

Rasanya the Fed harus melanjutkan QE dalam beberapa bulan ini, bila tidak momentum kejatuhan akan terus meningkat. Kalau mereka benar melakukannya, dan pada saat yang sama G20 tidak, maka dolar bisa kembali melanjutknya trend turunnya. Tergantung berapa lama dan volume QE, bila dilakukan terlalu ekstrim, Amerika bisa jadi menjadi Weimar. (Anyway, ini butuh waktu tahunan, rasanya gak mungkin terjadi dalam waktu kurang dari 2 tahun).

Tetapi bila Amerika ikut dengan gaya "hemat" G20, tidak ada QE, dolar tampaknya akan bullish. Yang bisa menghentikannya kemungkinan adalah kalau ada alternatif yg bisa disepakati selain dolar system, atau ada krisis non finansial, misalnya krisis pangan di dunia. Saat itu, every countries take care of themself. Siapa yang menaikkan kurs dulu, mereka yg bisa impor lebih banyak.

http://www.marketskeptics.com/2009/12/2010-food-crisis-for-dummies.html

Anonim mengatakan...

apakah penghancuran ekosistem akan berpengaruh terhadap indonesia atau setidaknya direncanakan ke negara selain USA ?

Anonim mengatakan...

Pak bodhi, seperti yang anda tulis kalo the fed tidak melanjutkan QE maka momentum kejatuhan akan meningkat. Kalau the fed melakukan QE, tapi negara lain tidak maka dolar akan turun.Pertanyaan saya,kalau fed melakukan QE, dan negara lain juga melakukan QE, apakah dolar tidak jatuh? kalau menurut saya dolar mungkin tidak jatuh terhadap mata uang negara lain tetapi dolar akan jatuh terhadap nilai komoditas di dunia ini. Dunia dipenuhi dengan uang2 kertas,karena mayoritas negara sibuk mencetak uang. apakah akan cukup komoditas di dunia ini untuk memenuhi suplai uang kertas yang berlimpah itu? bagaimana menurut anda?

Anonim mengatakan...

bung, yang anda maksudkan di sini likuidasi itu apa? pembantaian umat manusia atau kehancuran ekonomi dunia?


salam

Pohon Bodhi mengatakan...

Kalau nantinya semua negara ikut2an QE tahap lanjutan, memang sulit mengatakan mana mata uang yang akan lebih kuat, tergantung skala aksi mereka. Efeknya ya seperti yang Anda katakan, harga komoditas naik terhadap mata uang, bukan hanya dalam dolar, tetapi dalam hampir semua mata uang. Ini world wide high inflation (bahkan hiperinflation). Tetapi sebelum itu terjadi, saya rasa komoditas akan crash sekali lagi.

Butuh alasan yang sangat baik untuk melancarkan QE tahap berikut. Kalau tidak ada crash, sulit meyakinkan orang bahwa QE "perlu" dilakukan.

Likuidasi yang saya maksud adalah pengurangan penduduk. Kehancuran ekonomi selalu diikuti dengan event-event yang berakhir dengan pengurangan penduduk. Menurut saya, perang dan musibah2 besar pada masa2 dekat dengan deflasi/hiperinflasi besar dunia bukanlah kebetulan.

greenpeanut mengatakan...

pak bodhi...kira2 apa yg menyebabkan sebagian besar pihak dunia masih menggunakan sistem ekonomi yang sekarang ini digunakan? karena takut?-sptnya bukan, penduduk dunia berjumlah besar atau karena yang menjadi pemimpin di tiap2 negara adalah bagian dari "mereka" sang pedagang emas? menurut bapak adakah negara di dunia yang melawan mereka at least tidak menggunakan sistem yang sekarang? bagaimana dengan Iran dan Korea Utara?
maaf kalo ada yang kurang tepat... saya masih coba belajar -gara2 baca postingan pak bodhi :)

Pohon Bodhi mengatakan...

Fondasi sistem keuangan modern (debt based money) di setiap negara sudah disetting sejak abad 17, mulai dari Belanda kemudian menyebar ke seluruh Eropa, lalu ke negara2 jajahan mereka di seluruh dunia (Amerika, Afrika, & Asia).

Siapapun yang tidak mempraktekkannya, di sana pasti akan ada goncangan politik bahkan perang. Sampai ketika sistem ini dipraktekkan, maka negara2 itu baru mulai bisa tenang.

Mengapa dunia masih mempraktekkan sistem ini? Saya rasa alasan utama adalah karena ignorance (ketidaktahuan) publik. Siapalah yang akan mempertanyakan sebuah sistem yang sudah diterapkan ratusan tahun? Sekolah dan universitas jelas tidak akan membahasnya. Kurikulum pendidikan dan media (koran, tv, dll) juga tidak akan menyinggung topik ini sama sekali.

Iran dan Korut? Hm, setahu saya di sana pun sama. Suku bunga kredit bank komersial di Iran kalau tidak salah sekitar 30%. Korut? Di sana ada jutaan orang kelaparan, tidak mirip sebuah negara idaman..

greenpeanut mengatakan...

pak bodhi kenapa jarang membahas event2 ekonomi atau kemasyarakatan yang terjadi di indonesia yang ada hubungan-nya dengan tema postingan bapak selama ini? saya rasa hal tersebut mungkin dapat lebih mengena dalam mempublikasikan hal ini...maaf kalo lancang :)

Pohon Bodhi mengatakan...

Iya, memang agak kurang artikel yg khusus membahas tentang negara kita. Moga2 nanti bisa tulis lebih banyak tentang kondisi Indonesia juga.

greenpeanut mengatakan...

mengenai subsidi...
sebenarnya saya kurang "ngeh" dengan subsidi. kenapa harus ada subsidi? mengapa negara kita cenderung lebih memilih impor padahal sumberdaya kita sangat besar? darimana asal uang subsidi2 yang diberikan pemerintah, apakah juga dari hutang?
mengenai rupiah, apakah ada peraturan ataupun undang-undang yang tidak memperbolehkan pemerintah/masyarakat untuk mencetak uang sendiri (tanpa hutang) di negara kita?
maaf kalo ada yang ga bener...newbie.

Anonim mengatakan...

mencetak uang sendiri adalah upal, alias uang palsu hehe

Anonim mengatakan...

@Anony 16:25
Memang bankir itu pemalsu uang, dan mereka melakukannya setiap hari :D

Anonim mengatakan...

maaf pak bodhi, pertanyaan saya agak melenceng dari topik anda. belakangan saya memperhatikan bursa2 saham dunia dan membandingkan satu dengan yang lainnya dan saya bandingkan dengan sebelum akhir tahun 2008, ternyata angkanya sudah tidak terlalu jauh dari tahun sebelum terjadinya krisis (kecuali bursa shanghai china), bahkan bursa saham kita mencetak record baru.

pertanyaan saya apakah bursa saham bisa menjadi tolak ukur pertumbuhan ekonomi suatu negara? apakah bursa saham saat ini menunjukkan pemulihan ekonomi sedang terjadi atau bahkan sebaliknya?

mengapa bursa china mengalami penurunan ke angka yang hampir sama pada saat puncak krisis tahun 2008 padahal pertumbuhan GDP negaranya tinggi sekali? apakah bursa china menunjukkan kondisi ekonomi dunia saat ini yang sebenarnya yang mana bursa2 di negara lain ditutupi dengan 'bedak2 tebal' yang sebenarnya kondisinya sudah memprihatinkan?

Pohon Bodhi mengatakan...

Greenpeanut, sulit menjawab pertanyaan itu.. Apakah uang subsidi datang dari hutang?

Kalau tahun ini:
Pendapatan A
* Gaji 50 jt
* Hutang 20 jt

Pengeluaran A
* Makan 30 jt
* Rekreasi 20 jt
* Lihat dokter 10 jt
* Cicil hutang lama 10 jt

Apakah hutang A adalah utk makan? atau rekreasi? atau utk dokter? atau utk cicil hutang?

Semuanya saling terkait ya.. Hehe..

Bursa saham... Ekonomi sebuah negara tidak harus sama dengan kondisi bursanya, kecuali perusahaan publik jumlahnya sedemikian banyak hingga relatif bisa disamakan dengan kondisi negara tersebut.

Kalau kita lihat index2 penting, Dow, S&P, Hangseng, dll, mereka didominasi oleh perusahaan2 skala sangat besar. Di Indonesia pun begitu. Anyway, di sisi lain ada porsi spekulasi & manipulasi, dan porsi ini sulit dianalisa. Kalau Anda mau membeli saham, lakukan PRmu aja, chek yg baik keadaan finansial dan prospek perusahaannya. Case by case aja, jangan pukul rata dengan kondisi index.

Hal lain, Anda harus hitung berapa kapitalisasi bursa sebuah negara (total saham beredar x harga sahamnya). Semakin kecil nilainya, semakin gampang dia digerakkan oleh dana spekulasi internasional. Nilai transaksi IHSG sendiri per hari hanya beberapa trilyun. 1 trilyun hanya $100 juta. Beberapa ratus juta dolar itu "peanut" di dunia. Jadi bursa-bursa kecil tidak akurat utk dijadikan ukuran.

Masijo mengatakan...

Yth Pak pohon bodhi, Saya masih bingung sbenarnya bagaimana mekanisme bank komersial dalam melakukan “FRB”, apakah hanya cukup mencadangkan 10% dari depositnya Lalu yang 90% di jadikan kredit ke masyarakat ? Apa Begitu Saja.


Kalo tidak salah, saya pernah baca bahwa yang 90% tersebut disetorkan ke Central Bank, Lalu bank central Berhak mencetak 10x lipat dari yang 90% tsb, apa benar begitu ?


Saya harap pak pohon bisa menjelaskan mekanismenya secara rinci agar saya tidak selalu merasa ‘dikibulin’ Oleh para Bankers, thanks !!

Pohon Bodhi mengatakan...

Coba download ya link Modern Money Mechanic di sisi kanan blog ini.

atau baca yg lebih singkat:
http://en.wikipedia.org/wiki/Fractional-reserve_banking

http://en.wikipedia.org/wiki/Money_supply

ini sedikit simulasinya:
http://www.econoclass.com/moneymultiplier.html

Kalau mau bahasa Indonesia, bisa coba ditranslate juga pakai google:
http://www.google.co.id/language_tools?hl=id

Anonim mengatakan...

Pak bodhi, mau minta penjelasan mengenai M1, M2 dan M3. kurang ngerti saya. thanks pak!

Pohon Bodhi mengatakan...

Saya lihat istilah M-M-an ini hanya untuk mengkategorikan jenis & volume hutang yang sudah disalurkan oleh bank-bank di setiap negara.

M0, yaitu suplai uang kertas dan logam yang kita pegang sehari-hari.
M1, yaitu M0 ditambah dengan demand deposit. Dd adalah tabungan yang kita miliki di bank, yang dapat dicairkan sewaktu-waktu apabila dibutuhkan.
M2, yaitu M1 ditambah dengan time deposit. Td adalah tabungan, deposito, dan sejenisnya, yang memiliki waktu jatuh tempo atau tidak dapat dicairkan setiap waktu dibutuhkan.
M3, yaitu M2 ditambah dengan deposito jangka panjang, dan juga meliputi dana-dana institusional yang ada dipasar uang.

Pelajaran yang penting di dalam sistem ini adalah:
Saat sebuah masyarakat sanggup meminjam lebih daripada mereka membayarkan kembali, balon suplai uang mereka mengembang.

Kebalikannya, saat mereka tidak kuat lagi meminjam, saat uang yang mereka kembalikan sudah lebih daripada yang mereka pinjam, balon mereka mulai mengempes.

Yang paling ditakuti oleh semua orang adalah kalau balon sudah mengempes dan tidak bisa ditiup kembali. Itu adalah saat pemilik sistem harus melikuidasi para peniup balon.

Balon kali ini susah ditiup kembali (di US & Eropa), karena objek pencipta hutang yang paling penting sudah digunakan untuk meniup kembali balon mereka: Real Estate. Kalau bukan karena bubble properti di negara2 itu, dunia sudah mulai memasuki depresi sejak awal tahun 2000-an.

Ini sebuah artikel pendek tentang pentingnya real estate:
http://pohonbodhi.blogspot.com/2008/12/pentingnya-real-estate.html

Max mengatakan...

@Masijo
Cari di youtube dengan keyword "money as debt 2"(tanpa tanda kutip). Di sana dijelaskan dengan gamblang bagaimana cara kerja "bank loan" yang sebenarnya

Pohon Bodhi mengatakan...

Silahkan download juga yg ini, artikel pendek dari penulis the lost science of money:
http://www.monetary.org/32pageexplanation.pdf

Anonim mengatakan...

Pak bodhi, sepertinya anda yakin sekali kalo ekonomi dunia akan collapse dan akan ada semacam bencana besar terhadap umat manusia yang sudah direncanakan oleh sekelompok orang. apakah pemimpin2 negara dunia akan membiarkan hal itu terjadi? mengapa anda begitu yakin kalo akan ada collapse? menurut anda kapan hal itu akan terjadi? satu 1 tahun? 2 tahun? atau??


salam

Pohon Bodhi mengatakan...

Terakhir kali balon meletus (1929), bubble hanya fokus di US dan sebagian negara Eropa. Proses likuidasi baru dimulai beberapa tahun setelah itu, yang berujung ke perang dunia 1939-1945. Penduduk dunia masih di kisaran 2 milyar dan orang yg mati diperkirakan di kisaran beberapa ratus juta orang.

Sejak 1944-sekarang, dolar system dipraktekkan di seluruh dunia. Seluruh negara terlibat dalam bubble suplai uang ini. Bubble ini sudah berusia 60-an tahun, volume hutang di dalam sistem, ukurannya berkali-kali lipat lebih besar dibanding waktu itu, dan penduduk bumi juga sudah meningkat sampai 6,8 milyar.

Proses likuidasi, seandainya masih mengikuti ritme yang sama, akan memakan waktu yang lebih lama. Bisa 1 bahkan 2 dekade, atau lebih.

Tentu saja, tidak mungkin saya mengatakan secara pasti. Saya bukan bagian dari kelompok elite itu, tidak ada insider info yang saya miliki. Mereka pun tidak harus mengikuti ritme yang sebelumnya, kalau mau melikuidasi dalam waktu pendek, bisa juga.

Jadi, proses likuidasi adalah sebuah proses yang kemungkinan perlahan-lahan, waktunya panjang (puluhan tahun), atau proses yang diperpendek (terjadi perang / bencana yg sangat besar tetapi berakhir lebih cepat).

Atau mungkin sama sekali tidak terjadi, kalau secara ajaib mayoritas manusia bisa membuka mata dan memahami sistem ini, dan sanggup menangkap para konglomerat bankir internasinal & antek zionis mereka sebelum mereka menghabisi para budak uang dunia.

Only GOD knows what will happened..

Mengapa collapse pasti terjadi? Karena semua orang harus makan kawan. Saat kemampuan para peniup balon utk terus meminjam dan membayar sudah melewati puncak, yang ada di depan mereka hanyalah deflasi suplai uang. Tahun demi tahun, situasi akan terus bertambah buruk. Berbagai produksi akan berkurang, padahal jumlah mulut tidak. Hanya masalah waktu sebelum full chaos terjadi. Pekerjaan The Top adalah merekayasa proses likuidasi yang tidak menimbulkan kecurigaan publik dan juga mengatur komposisi budak mana yang dikorbankan.

Mengenai para so-called pemimpin dunia, siapa yang Anda maksud? Memimpin dalam hal apa? So far saya tidak melihat siapapun yang telah muncul sebagai pemimpin utk melawan debt based money system. Semua negara mempraktekkan sistem penciptaan uang yang sama.

Anonim mengatakan...

coba kita pindahkan fokus ke hal lain misalkan arah dunia memang akan seperti yang dituliskan diatas, kira2 usaha apa yang bisa kita rintis/ persiapkan saat ini untuk survival khususnya bagi keluarga dan lingkungan dekat kita any comments. tolong juga Pak Pohon commentnya tks

Anonim mengatakan...

ini ada pertanyaan mengenai 'kecelakaan' di teluk meksiko, apakah kebocorannya sudah berhasil diatasi atau oilnya masih terus mengalir sampe saat ini, mungkin anda punya info yang lebih up to date, pak?

bagaimana dengan lapindo pak? bukankah lumpur lapindo masih meluap atau sudah berhenti, soalnya di media sekarang jarang dibahas mengenai lapindo ini, jadi info up to datenya juga kurang diperoleh, mungkin anda punya up to date newsnya, mohon disharing, thanks pak!

Pohon Bodhi mengatakan...

Usaha apa? Tergantung masing-masing orang ya.. Saya lihat sih dalam kondisi sesulit apapun tetap akan ada orang yang sukses di bidangnya masing-masing. Just do whatever you know friend, then let God do the rest.

Lumpur lapindo sulit cari updatenya ya di internet. Harus cari tahu dari orang Porong tuh. Kalau update teluk mexico, coba dengar wawancara ini (Lindsey Williams, penulis buku Energy Non Crisis):

http://rense.gsradio.net:8080/rense/special/rense_L_Williams_070110.mp3

Situasi benar-benar rumit. Yg paling berbahaya bukan cuma luapan minyaknya, tetapi juga gas! Methane & Benzene yg naik dari perut bumi itu sudah sampai ke level yg jauh di atas standar kesehatan.

Tekanan di titik bocor katanya ± 40.000 psi (pound per square inch), padahal selama ini perusahaan pengeboran paling maksimal hanya menghadapi tekanan di level 1500 psi. Tekanan ini jauh di atas pengalaman siapa pun juga utk menyelesaikannya. It doesn't look good...

Anonim mengatakan...

Pak bodhi, mengapa semburan lumpur lapindo sudah jarang dipublikasi oleh media, justru yang membuat cemas saat ini adalah lapindo daripada teluk meksiko karena letak geologis yang saya pikir cukup jauh dari indonesia. pulau jawa memiliki tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi, hampir separo dari penduduk indo ada di pulau jawa.

bisakah anda memberi sedikit penjelasan mengapa lumpur lapindo bisa meluap keluar? thanks pak!

Pohon Bodhi mengatakan...

Kalau ditanya mengapa lapindo tidak dikupas, alasannya mungkin banyak. Spekulasi saya utamanya ada 2:
* Perhatian orang terhadap berita ini sudah melewati puncak sejak 1,5 tahun lalu. Sebuah berita biasanya hanya bisa hot di koran / tv selama 3-4 bulan. Setelah itu, gone with the wind. Publik menginginkan fresh news, maka media pun memberikan fresh news.
* Aburizal berhasil melobi (atau menyogok) pemilik media utk tidak meliput kasus ini.

Kebanyakan orang mungkin mengira media hanya berbisnis di arena iklan. Mereka menjual berita, kalau peminatnya banyak, maka ruang iklan mereka laku. Padahal media juga mendapat uang atas berita2 yang tidak dilaporkan. Saya kenal langsung dengan seorang wartawan di kota saya. Cerita darinya adalah koran tempat dia kerja biasa memblack-mail orang2 yang punya kasus jelek di kota saya. Kalau tidak mau dicetak kasusnya, mereka harus membayar!

Mengapa lumpur menguap? Mungkin bisa dianalogkan dengan nadi manusia. Coba silet salah satu nadi Anda, apakah darah akan memancar keluar? Bumi juga begitu, bila dibor terlalu dalam, dan kena salah satu nadi tempat cairan / gas tertentu berjalan, zat itu akan menyembur keluar. Di area & kedalaman yg berbeda, zatnya juga berbeda.

Efek lapindo? Kalau menurut saya, Porong/Jawa Timur bisa gempa besar/longsor bila lapindo terus menyemburkan lumpur selama beberapa tahun lagi. Struktur tanah di bawah kota sekitar akan terus melunak karena ada ruang kosong karena semburan itu... Tragis, tapi begitulah zaman ini. Korporat besar bebas melakukan apapun. Too big too fail...

Anonim mengatakan...

wah...saya jadi teringat dengan film fiksi 2012, dimana gejala awal sebelum terjadi bencana yang menewaskan hampir semua manusia di planet ini berawal dari munculnya semburan lumpur di kawasan tertentu, kalau saya tidak salah ingat adalah seperti itu.CMIIW...hehehe...

saya juga berpikir seperti itu, pak. kalau lumpur yang menyembur secara terus menerus selama bertahun2 akan menyebabkan struktur tanah di bawah menjadi tidak stabil dan akan terjadi pergeseran tanah yang hebat untuk membentuk keadaan lapisan tanah yang stabil kembali. Btw itu lumpur yang menyembur saya pikir luasnya sudah seukuran satu kota. tampaknya memang akan ada bencana besar di pulau jawa, tapi kenapa pemerintah indo tampaknya pasrah saja? thanks pak!

greenpeanut mengatakan...

sedikit menyimpang pak....
mengenai kasus century apakah pola yang sama yang digunakan diamerika untuk bailout juga di gunakan untuk century? menurut pak bodhi bagaimana?
tentang sejumlah premi dari bank yang digunakan untuk bailout apakah hal itu memang lazim digunakan?
apakah bank yang sudah menjadi milik pemerintah (sebagian besar saham dimiliki pemerintah) juga mempraktekkan debt base system dan fractional reserve banking? jika iya..kemudian keuntungan darinya apakah juga masuk ke pemerintah?
adakah undang-undang/peraturan di indonesia yang tidak membolehkan pemerintah untuk mencetak/mengedarkan uang?

Anonim mengatakan...

Akhirnya datang juga artikel baru, setelah lama menunggu ga ada update-an

Anonim mengatakan...

AYO Update artikel baru tentang balon uang di indonesia pak

Anonim mengatakan...

bung pohon, apa mungkin bisa terjadi crash lagi, karena banyaknya dukungan dan kemudahan yg diberikan kepada market oleh governments, dan bank sentral. jangan2 koreksi2 yg terjadi adalah kesempatan beli saham. thanks

Pohon Bodhi mengatakan...

Debt based money system dipraktekkan semua bank, mau bank pemerintah maupun swasta, mau dibilang kapitalis maupun religius. It's the same.

Pasar finansial zaman ini sarat intervensi dan manipulasi. High frequency trading (program komputer) yg dilakukan beberapa broker besar di US bisa mengangkat & menjatuhkan index mereka dalam sekejap, jadi sangat riskan berjudi dengan mereka.

Kalau Anda memang mau membeli saham, tanya saja 1 pertanyaan kepada diri sendiri: Dalam worse case scenario, maukah Anda mempertahankan saham (perusahaan) itu berapapun harganya? Apakah Anda confidence dengan kinerja & prospek perusahaan itu? Kalau iya, beli saja, & tak usah baca koran. Yakin dengan diri sendiri paling baik. :)

Anonim mengatakan...

Pak bodhi, berdasarkan info yang diperoleh dari media masa bahwa BP berhasil menutup kebocoran di teluk meksiko, apakah hal itu benar? kalau benar berarti memang tidak ada suatu rencana dari kelompok tertentu untuk mengurangi jumlah manusia seperti yang dikuatirkan selama ini bukan?

Pohon Bodhi mengatakan...

Moga2 begitu:
Anyway, ini 2 site yg membahas tentang "keberhasilan" BP:

http://www.lifeaftertheoilcrash.net/BreakingNews.html

http://www.henrymakow.com/ken_price.html

Siapa yg beritanya benar???

Anonim mengatakan...

likuidasi bisa juga dengan penyakit ramalan juce ini boleh dibaca sebagai pemikiran http://zidniagus.wordpress.com/2010/06/15/17-ramalan-masa-depan-dunia-oleh-jucelino/

Anonim mengatakan...

Demi Masa, Sesungguhnya Manusia dalam kerugian. Kecuali Orang-orang yang beriman dan beramal dan saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. (Al-Ashr)

Pohon Bodhi mengatakan...

Update berita krisis panen 2010..

http://www.marketskeptics.com/2010/08/2010-food-crisis-is-here.html

Agro commodities on the way to the sky. Beware!

Pohon Bodhi mengatakan...

Di Indonesia, SBY menganjurkan wilayah lapindo dijadikan daerah wisata geologi. Di Amerika, Obama mengatakan ikan2 di teluk mexico aman dikonsumsi, tetapi nelayanlah (bukannya BP) yang harus bertanggungjawab kalau ikan2 yg tertangkap ternyata mengandung racun.

WHAT A WONDERFUL WORLD!!

http://rawstory.com/rs/2010/0821/fishermen-held-responsible-toxic-seafood/

Anonim mengatakan...

salam...
artikelnya menarik, mohon tambahan pembahasan event - even dan berita ekonomi di indonesia .
terimakasih...
husna
http;//fe.umy.ac.id

arema mengatakan...

pak, saya suka blog anda, tapi coba kita tetap rasional.
penyebab lumpur lapindo diulas panjang lebar di laporannya aljazeera, coba aja cari preliminary report of well banjar panji.

apakah masih menyembur? ya masih dan perjalanan surabaya malang tidak akan pernah seindah dulu. entah gimana mereka berhasil menemukan cara mengalirkan luapan lumpur ke laut.

bagaimana efeknya?
kalo jawa timur mungkin gak seberapa ngefek pak, jatim lebih gede dari jabodetabek. tapi kalo sidoarjo mungkin kena, menurut analisa orang ITS akan menimbulkan cekungan di perut bumi, dan dari pengamatan di lapangan beberapa tempat (di porong) mulai ambles, ada yg sampai ngeluarkan gas dan kebakar segala.

jln alternatif (tol mojokerto) sekarang masih dalam proses pembangunan, sayang rasanya ngeliat sawah ditutup jadi jalan tol, dan kayaknya itu proyek juga pake duit pinjeman.

Midou Ban mengatakan...

Pak PPB, saya mohon endapat anda tentang bermain spekulasi nilai mata uang, FOREX. Apakah menurut bapak hal semacam itu terpuji?

Karena saya melihatnya apabila kita untung disana, kita hanya mendapatkan uang tetapi kita tidak memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat.

Hal itu berbeda dengan berdagang. apabila kita untung, pembeli (yang ngasih kita duit) pun juga dapat produk atau jasa kita

Mohon pendapatnya, Terima kasih.

Pohonbodhi mengatakan...

@Midou,
Saya rasa kalau Anda memang punya bakat trading dan bisa menghasilkan keuntungan dari sana, tidak ada salahnya mencoba. Keuntungan yg Anda dapatkan dari sana bisa Anda belanjakan ke tempat lain, itu juga bisa menggerakkan "sektor riil" bukan begitu?

Tapi terus terang saya tidak kenal orang yg bisa profit dari spekulasi margin forex dalam jangka panjang. Kebanyakan akan total loss atau at best impas.. Yg menang paling akhir biasanya adalah bandar.

best rated child car seats mengatakan...

terimakasih atas informasinya

Pohonbodhi mengatakan...

Likuidasi part 2?

http://blog.alexanderhiggins.com/2011/04/14/plan-fukushima-nuclear-crisis-leaves-reactor-leaking-radiation-3-months-17251/

Radiasi nuklir jepang akan membunuh banyak orang di tahun-tahun ke depan.

Unknown mengatakan...

Halo, salam dalam nama Tuhan. i am a Iblaze Adams Scofield, saya akan senang untuk memberitahu setiap pencari pinjaman mencari pemberi pinjaman pinjaman swasta yang sah, bijaksana dan tidak menjadi korban penipuan, saya telah scammed bergilir di internet semua karena saya membutuhkan pinjaman. Untuk meringkas semua yang dikatakan, saya diarahkan ke sarahmantiwongloanhome@gmail.com, itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan, saya menerima pinjaman saya setelah membayar biaya yang mereka sebut biaya transfer, pada awalnya saya menyimpulkan, para thives yang sama tetapi untuk saya kejutan, saya mendapat pinjaman saya. Kebenaran yang mereka katakan adalah baik, In-kasus ada yang membutuhkan pinjaman jangan jatuh ke tangan pencuri, silakan tulis Mrs. Sarah di Email ini, sarahmantiwongloanhome@gmail.com Terima, kasih dan Tuhan memberkati Anda semua.



Unknown mengatakan...

Cahya Kirana Pinjaman Limited merupakan salah satu perusahaan pinjaman independen terkemuka di seluruh dunia. Kami mapan dan telah mengembangkan pemahaman yang baik tentang kebutuhan Anda dan kebutuhan individu selama bertahun-tahun. Kami berkomitmen untuk memperlakukan pelanggan kami dengan adil dan memberikan pelayanan yang profesional, ramah dan membantu. Prosedur kami dirancang untuk cocok Anda, untuk memastikan bahwa kita menyelesaikan produk yang sesuai dengan keadaan Anda, formalitas untuk minimum, dan bersama-sama dengan pendekatan kami fleksibel untuk masing-masing program, pastikan aplikasi pinjaman Anda. Kami membantu pelanggan mengubah dan memperbaiki kehidupan mereka lebih dari 47 tahun dan kami benar-benar independen, kita berada dalam posisi yang unik untuk menawarkan berbagai pinjaman untuk semua jenis bisnis dan individu. Tujuan kami adalah untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda dan kepuasan Anda sangat penting bagi kami. Itulah sebabnya kita harus memberikan pinjaman sebesar 2% bunga, mohon hari ini kembali kepada kami jika Anda tertarik dengan layanan kami.
Email: cahya.creditfirm@gmail.com

Lady Mia mengatakan...

Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Lady Mia mengatakan...

Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Unknown mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Unknown mengatakan...

Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu kelly
KELLYWOODLOANFIRMLTD
kellywoodloanfirm@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Maria Annette Pinjaman Perusahaan, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (mariaannetteloanfirm@gmail.com)

Informasi Peminjam:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Pinjaman Durasi: ____________
Pinjaman bunga: _____________
Nomor ponsel: ________

(Mariaannetteloanfirm@gmail.com)
Ibu. Maria.Annette

Mrs Rebecca mengatakan...

Kami adalah sebuah organisasi yang ditubuhkan untuk membantu orang yang memerlukan
bantuan, seperti bantuan kewangan. Jadi, jika anda akan melalui kewangan
masalah, jika anda mempunyai keadaan huru-hara kewangan dan anda memerlukan dana untuk
memulakan perniagaan anda sendiri atau anda memerlukan pinjaman untuk membayar hutang atau membayar
bil, memulakan perniagaan yang baik atau anda mendapati sukar
mendapatkan pinjaman modal dari bank-bank tempatan, hubungi kami hari ini melalui e - mail
rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

 "Jadi, jangan biarkan peluang ini berlalu begitu sahaja,
Anda dinasihatkan untuk melengkapkan dan mengembalikan butiran di bawah ..

Nama awak: ______________________
Alamat anda: ____________________
Negara awak: ____________________
Tugas anda: __________________
Jumlah pinjaman yang diperlukan: ______________
Tempoh pinjaman: ____________________
Pendapatan bulanan: __________________
Nombor telefon: ________________
Adakah anda memohon pinjaman sebelum: ________________
Jika anda telah memfailkan pinjaman sebelumnya, di mana anda dirawat dengan jujur? ...

Bertindak cepat dan keluar dari tekanan kewangan, keadaan huru-hara, dan cabaran
hubungi REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM hari ini melalui e - mail:
rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

yusi retnowati mengatakan...

Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah di Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) kurang Dari 24 jam Tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa sulit mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

Unknown mengatakan...

KABAR BAIK

Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk memulai?
Saya adalah direktur Nadira Muhammad Loans Limited,
Layanan pinjaman Nadira Muhammad adalah lisensi kredit investasi legal yang kami tawarkan
Pinjaman kepada Individu dan bisnis dan menyediakan
Layanan dan investasi yang dapat diandalkan untuk berbagai tingkat pelanggan / kandidat
Dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
(3000 $ / € / Rp) untuk jumlah pinjaman maksimum ($ 700 miliar $ / € / Rp) dengan
Jangka waktu 1 tahun sampai 25 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
E-mail di: Nadiramuhammadloancompany@gmail.com

Misi perusahaan ini adalah untuk menyediakan perorangan dan perusahaan
Organisasi swadaya
Memenuhi kebutuhan, harapan dan membantu meningkatkan jiwa kita
Dan komunitas mereka. Butuh pinjaman prom ?? Sekitar
48 jam layanan penuh bagi pelanggan kami.

SUWANDI ROBBY mengatakan...

BERITA BAIK BERITA BAIK

Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjadi persekutuan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan undang-undang atau peraturan dewan ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

Saya sangat mengabdikan diri untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

Susan bowman mengatakan...

KABAR BAIK! KABAR BAIK!

Untuk memperkenalkan diri dengan benar,
Nama saya ibu SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman dalam berbagai jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah peluang finansial di depan pintu Anda, daftar sekarang dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

Ada banyak orang di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih, tetapi mereka tidak dapat memperolehnya. Tapi ini adalah peluang finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak dapat melewatkan kesempatan ini.
Layanan ini membuat baik individu, perusahaan, pebisnis dan wanita.
Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar berapa pun jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

Susanbowmanloancompany@gmail.com

Susan bowman mengatakan...

KABAR BAIK! KABAR BAIK!

Untuk memperkenalkan diri dengan benar,
Nama saya ibu SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman dalam berbagai jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah peluang finansial di depan pintu Anda, daftar sekarang dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

Ada banyak orang di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih, tetapi mereka tidak dapat memperolehnya. Tapi ini adalah peluang finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak dapat melewatkan kesempatan ini.
Layanan ini membuat baik individu, perusahaan, pebisnis dan wanita.
Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar berapa pun jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

Susanbowmanloancompany@gmail.com

Susan bowman mengatakan...

KABAR BAIK! KABAR BAIK!

Untuk memperkenalkan diri dengan benar,
Nama saya ibu SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman dalam berbagai jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah peluang finansial di depan pintu Anda, daftar sekarang dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

Ada banyak orang di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih, tetapi mereka tidak dapat memperolehnya. Tapi ini adalah peluang finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak dapat melewatkan kesempatan ini.
Layanan ini membuat baik individu, perusahaan, pebisnis dan wanita.
Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar berapa pun jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

Susanbowmanloancompany@gmail.com

Adi Elok mengatakan...

Saya Kehilangan banyak uang waktu untuk perusahaan pinjaman palsu mencoba untuk mendapatkan pinjaman. tetapi itu tidak terjadi lagi.

Yah, saya melihat komentar di blog oleh Marianne Low yang memberi kesaksian tentang mendapatkan pinjaman dari seorang ibu Susan bowman, yang saya pikir menjadi salah satu perusahaan palsu ini. Kemudian saya memutuskan untuk menghubungi dia dan mencobanya lagi .... Yang sangat mengejutkan saya setelah mengikuti semua prosedur yang diberikan kepada saya oleh ibu Susan. Kemudian dia meyakinkan saya bahwa saya akan dibiayai oleh bank langsung dari Indonesia yang harus saya pegang. Saya menunggu sampai pinjaman saya diproses dan disetujui dan kemudian saya mendapatkan pinjaman saya saya mengajukan permohonan untuk langsung ke rekening bank saya tanpa biaya tambahan ... Semoga Allah memberkati ibu Susan untuk pekerjaan luar biasa yang dia lakukan ..... Sebagian besar teman saya yang membutuhkan pinjaman juga diterapkan dan mereka mendapat pinjaman juga ....

Anda dapat menghubungi ibu Susan bowman dengan email ini (Susanbowmanloancompany@gmail.com)
Juga di whatsapp +18597771805
untuk pinjamanmu sendiri dia tidak menipuku

Dan jika Anda juga dapat menghubungi saya di email ini jika Anda takut: aelok36@gmail.com

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Amisha mengatakan...


Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Amisha mengatakan...


Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

Indriaty Manirjo mengatakan...

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

annisa berkarya mengatakan...

Salam kepada semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kita dengan menyamarkan pemberi pinjaman uang kepada kita, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan suku bunga rendah, mereka semua scam kecuali Ibu yang baik. Perusahaan Rossa Stanley, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman yang benar dan asli yang meminjamkan bunga 2%, inilah kisah saya, nama saya adalah annisa dari bali, indonesia, seorang pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, itu mungkin dan saya penerima pinjaman Internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak pemberi pinjaman scam, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta pinjaman kepada ibu rossa, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam waktu 24 jam pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan tingkat bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank-bank di sini di Indonesia yang memberikan pinjaman sebesar 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapatkan uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, walaupun ada beberapa yang ditolak karena tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang, dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak bisa berhenti berterima kasih kepada ibu rossa karena telah menyingkirkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia pinjaman perusahaan dan juga menghindari jatuh cinta kepada pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whats-app dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang tidak serius dan akan memanggil ibu tidak perlu jadi saya hanya bisa memberikan alamat emailnya untuk mencapai ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu dengan apa pun Anda dapat menghubungi saya di Facebook @ annisa buat atau emai Aku di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH yang maha kuasa terus memberkati dan melindungi wanita rossa stanley yang baik dan pengertian ini.

Meryl mengatakan...

adakah anda sedang mencari tawaran pinjaman tertentu? Mungkin pemberi pinjaman yang sah untuk pinjaman besar, atau pinjaman murah dan cepat pada 2% setahun untuk membayar bil dan hutang kecemasan? hubungi kami sekarang, greatfuturefinancialservices@gmail.com

Mohammad Ismali mengatakan...

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Keuangan Komersial dan Pengembangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Kembali Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
Hanya WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
Tel .... (+ 44) 7480 729811
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Siti Aminah mengatakan...

Halo,
nama saya ialah Siti Aminah dari Indonesia, saya cadangkan semua orang di sini harus berhati-hati, kerana terdapat banyak peminjam pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang sebenar dalam syarikat pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 peminjam pinjaman yang berbeza, saya kehilangan banyak wang kerana saya sedang mencari pinjaman dari syarikat mereka. Saya hampir mati dalam proses kerana saya telah ditangkap oleh orang kerana berada dalam hutang.

Saya hampir berputus asa sehingga saya meminta nasihat seorang kawan yang memperkenalkan saya kepada peminjam pinjaman asal dan syarikat yang sangat handal iaitu Ibu Alicia Radu yang mendapat pinjaman saya 800 juta rupiah Indonesia dalam Kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan kadar faedah yang rendah sebanyak 2%. Saya sangat terkejut apabila memeriksa akaun bank saya dan mendapati jumlah pinjaman yang saya minta telah dipindahkan ke akaun bank saya tanpa sebarang kelewatan atau kekecewaan jadi saya berjanji bahawa saya akan berkongsi berita baik supaya orang dapat mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu

Saya mahu anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati kerana dia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan kewangan saya. Anda harus menganggap diri anda sangat bertuah kerana mempunyai peluang untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika anda memerlukan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui e-mel: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika anda memerlukan maklumat mengenai bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari Ibu Alicia Radu, anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya dengan senang hati akan menjawab anda kerana anda juga boleh membantu yang lain selepas anda menerima pinjaman anda.

Siti Aminah mengatakan...

Halo,
nama saya ialah Siti Aminah dari Indonesia, saya cadangkan semua orang di sini harus berhati-hati, kerana terdapat banyak peminjam pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang sebenar dalam syarikat pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 peminjam pinjaman yang berbeza, saya kehilangan banyak wang kerana saya sedang mencari pinjaman dari syarikat mereka. Saya hampir mati dalam proses kerana saya telah ditangkap oleh orang kerana berada dalam hutang.

Saya hampir berputus asa sehingga saya meminta nasihat seorang kawan yang memperkenalkan saya kepada peminjam pinjaman asal dan syarikat yang sangat handal iaitu Ibu Alicia Radu yang mendapat pinjaman saya 800 juta rupiah Indonesia dalam Kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan kadar faedah yang rendah sebanyak 2%. Saya sangat terkejut apabila memeriksa akaun bank saya dan mendapati jumlah pinjaman yang saya minta telah dipindahkan ke akaun bank saya tanpa sebarang kelewatan atau kekecewaan jadi saya berjanji bahawa saya akan berkongsi berita baik supaya orang dapat mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu

Saya mahu anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati kerana dia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan kewangan saya. Anda harus menganggap diri anda sangat bertuah kerana mempunyai peluang untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika anda memerlukan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui e-mel: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika anda memerlukan maklumat mengenai bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari Ibu Alicia Radu, anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya dengan senang hati akan menjawab anda kerana anda juga boleh membantu yang lain selepas anda menerima pinjaman anda.

Credit Financial Group mengatakan...

Apakah Anda seorang pebisnis / wanita atau pegawai pemerintah dan Anda ingin mandiri secara finansial dan menumbuhkan bisnis Anda ini adalah kesempatan Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman baik jangka panjang maupun jangka pendek, proses kami sangat sederhana dan mudah semua orang dapat mengajukan permohonan , Anda tidak harus terus menjadi tanggung jawab keuangan kepada siapa pun, hari ini Anda dapat memutuskan untuk memiliki kebebasan finansial Anda sendiri dan kehidupan yang lebih baik untuk diri dan keluarga Anda, kami sangat bersedia memberi Anda pinjaman pilihan Anda, berapapun jumlah yang Anda butuhkan, kami akan menyediakannya untuk Anda. Jangan hanya duduk di sana menyaksikan orang lain membuat kemajuan finansial, jika Anda ingin pinjaman ditambahkan ke modal Anda atau memulai bisnis Anda sendiri, ini adalah kesempatan Anda untuk menghubungi kami hari ini



Perusahaan: CREDIT FINANCIAL GROUP
E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
Whatsapp : +447480724786
BBM INVITES: {DDA46523}

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Hubungi kami:
                                            via BBM INVITE: {D8980E0B}
                                              WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                Tel .... (+ 44) 7480 729811

Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? Atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk menyediakan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

charity white mengatakan...

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, orang-orang menganggur, saya sarankan Anda semua harus sangat berhati-hati

beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat bisa diandalkan bernama Christabel's Missan ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan 800 juta dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan bunga hanya 2%

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakanmu mendapatkan pinjaman jika kamu memegang perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ny. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ny. Christabel, Anda juga dapat menghubunginya melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019

mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua

Angga Annisa mengatakan...

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

Detail Kontak Penuh:

Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

TESTIMONI OLEH
Penerima Manfaat: Angga Annisa
Email: {anggaannisa1979@gmail.com}
Twitter: [@AnggaAnnisa1]

humaira kiyoraka mengatakan...

MUNGKIN ALLAH dipuji nama saya Humaira Kiyoraka, saya dari kota Jayapura, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang di grup ini mencari uang pinjaman dengan sangat hati-hati, karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan bank-bank menolak memberi saya pinjaman karena saya tidak memiliki jaminan sehingga saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya dibodohi oleh orang-orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang telah mengubah saudara perempuan saya, Ny. Mira Binti Muhhamed, yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal dan bernama Rossastanley, seorang pemberi pinjaman pribadi, ketika dia memberi tahu saya tentang hal itu, saya menggalinya bagaimana mungkin untuk mendapatkan pinjaman dari internet, tetapi dia tertawa dan mengatakan kepada saya bahwa, itu adalah pemikirannya pada awalnya tetapi dia memutuskan untuk menghubungi Nyonya Rossa stanley dan bahwa ketika pinjaman itu disetujui dia tidak percaya sampai ibu Rossa menjelaskan kepadanya bahwa PBB adalah orang yang mendukung mereka secara finansial untuk membantu orang-orang miskin dari ASIA sehingga saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rossa stanley layanan pelanggan perusahaan pinjaman melalui email dan segera mereka menjawab bagaimana mereka dapat membantu sehingga saya memberi tahu mereka Ny. Mira Binti Muhammed memberi saya kontak perusahaannya dan saya mengisi formulir dan lihat pinjaman saya disetujui, bagian yang menakjubkan adalah suku bunga rendah hanya 2% jadi saya melanjutkan untuk mengajukan pinjaman sebesar Rp250.000.000,00 dan lihatlah setelah melewati proses verifikasi, pinjaman saya untuk Rp250.000.000 disetujui dan mereka meminta perincian bank saya, saya segera mengirim perincian Rekening Bank Negara Indonesia (BNI) dan Lihatlah pinjaman saya ditransfer ke ACCOUNT saya, saya tidak bisa TERIMA kasih cukup dengan MOTOS ROSSA dan adik saya Mira Binti Muhammed And juga Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk skema Kredit yang luar biasa ini sehingga saran saya untuk Anda semua adalah jangan menghubungi semua pemberi pinjaman palsu ini tetapi hubungi layanan pelanggan perusahaan ibu rossa pinjaman melalui email untuk kebutuhan pinjaman cepat dan Anda akan bersaksi seperti saya juga email layanan pelanggan perusahaan Ibu Rossa adalah Rossastanleyloancompany@gmail.com, tetapi jika Anda memerlukan bantuan dalam memproses pinjaman Anda, jangan ragu untuk menulis saya di humairakiyoraka@gmail.com atau saudari saya di Mirabintimuhammed@gmail.com dan Anda pasti akan seperti kami yang sekarang bersaksi kepada ibu rossas bantuan keuangan yang besar,

Semoga ALLAH memberkati kalian semua,

Sandra Ovia Loan Firm mengatakan...

Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

One mengatakan...

PENAWARAN ISTIMEWA!!!
Sebagai para profesional di bidang keuangan, kami menawarkan berbagai layanan kepada individu, bisnis, dan perusahaan. Setelah melayani komunitas keuangan, kami memahami tujuan keuangan saat ini. Kami bekerja dengan bisnis kecil, menengah, dan besar, individu dan perusahaan untuk membantu mereka memulai atau memperluas wilayah baru. Mulai bab selanjutnya sekarang. Kami adalah spesialis dalam:

PINJAMAN BISNIS
* PROGRAM PINJAMAN KOMERSIAL
*PINJAMAN PRIBADI
* PINJAMAN NYATA NYATA
* FIX N PINJAMAN FLIP
HUTANG KONSOLIDASIAN HUTANG
* PROGRAM Pinjamkan INVESTOR DAN LAINNYA ..

Kunjungi kami dan lihat bagaimana kami dapat membantu Anda. Hanya Pertanyaan Serius! Email @: capitalsourcefinancellny@gmail.com
  atau WhatsApp: 1 213 433 3059

Alta Finance LLC mengatakan...

PROGRAM PINJAMAN MUDAH
Dalam masa-masa ekonomi yang tidak menentu, ramai yang mendapati diri mereka menghadapi situasi di mana mereka boleh menggunakan bantuan kewangan. Sama ada untuk kecemasan, pembaikan rumah, menggabungkan hutang atau percutian keluarga - pinjaman peribadi yang rendah adalah cara yang selamat dan boleh dipercayai untuk memenuhi keperluan kewangan anda. Di Alta Finance LLC, kami pakar dalam program pembiayaan Pinjaman yang boleh dipercayai dan cekap. Hubungi kami hari ini menggunakan e-mel syarikat kami: altafinancellcfunding@gmail.com

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih bisa menghubungi yang baik
mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua
ibu, What'sApp Number +15614916019
Facebook christabelmissancompany@gmail.com

Alta Finance LLC mengatakan...

PROGRAM PINJAMAN MUDAH
Selama masa ekonomi yang tidak pasti ini, banyak orang mendapati diri mereka dihadapkan pada situasi di mana mereka dapat menggunakan bantuan keuangan. Apakah itu untuk keadaan darurat, perbaikan rumah, konsolidasi utang atau bahkan liburan keluarga - pinjaman pribadi berbunga rendah adalah cara yang aman dan dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Di Alta Finance LLC, kami berspesialisasi dalam program pendanaan Pinjaman yang andal dan efisien. Hubungi kami hari ini menggunakan email perusahaan kami: altafinancellcfunding@gmail.com atau melalui teks +1 702 805-0119

Ny. SISKA WIBOWO mengatakan...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

Siti Aminah mengatakan...

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

EMILY KAYA mengatakan...

Saya membawakan salam untuk Anda!
Apakah EMILY KAYA dari kota medan di indonesia. Saya seorang petani. saya menghabiskan lebih dari 14 tahun di Cina, provinsi Anhui timur Cina mahal. bisnis pertanian mengambil berbagai tajam terkait berbagai pajak, pajak yang sering memakan lebih dari setengah pendapatan tahunan petani. Pajak kadang-kadang dikumpulkan oleh pejabat korup yang berusaha memperkaya diri mereka sendiri.
Pemerintah memonopoli panen gandum dan seringkali mencegah petani menjual hasil panen mereka di pasar terbuka. Pejabat lokal telah digambarkan sebagai "belalang" karena cara mereka mencoba memeras petani untuk semua uang yang mereka bisa. Sewa tanah pemerintah telah disebut “rantai pada petani.” Catatan panen telah menyebabkan lebih banyak masalah daripada yang telah mereka pecahkan. Di beberapa tempat pemerintah mengenakan biaya kepada petani untuk menyimpan gandum ketika mereka berkewajiban untuk membelinya.
Ketika saya memikirkan semua ini, saya memutuskan untuk menjual semua yang saya miliki dan kemudian pindah kembali ke negara saya yang indah (INDONESIA).
Saya pulang ke rumah dan sangat senang dengan diri saya, tetapi saya harus segera memulai bisnis, sekarang masalah dana muncul, bagaimana dan di mana saya mulai.
Saya mulai mencari pinjaman di mana-mana kemudian saya melihat iklan MR.WILSON KARTIKA bersaksi tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari MOTHER JULIANA LOAN COMPANY, tanpa ragu-ragu saya menghubungi MR WILSON terlebih dahulu untuk memastikan dan dia memberi saya bukti dan meyakinkan saya keselamatan, IBU JULIANA yang dihubungi DENGAN EMAIL yang disediakan dan hanya itu, saya memberikan pinjaman sebesar Rp2.000.000.000 tanpa ada jaminan yang diminta.
Hari ini bersyukur kamu dapat melihat saya tepat di tanah pertanian saya di sini, ini adalah doa saya agar ALLAH akan terus memberkati IBU JULIANA UNTUK MEMBANTU SAYA.

Mungkinkah ada orang yang mencari pinjaman, silakan hubungi

MOTHER JULIANA VIA EMAIL JULIANALOANS@GMAIL.COM
ATAU WHATSAPP +1 (678) 881 8428.

ANDA JUGA BISA HUBUNGI MR. WILSON VIA EMAIL wilsonkartika4@gmail.com

ATAU DIRI MELALUI EMILYKAYA36@GMAIL.COM

Mikhail Irfan Aqil mengatakan...

"wa-Alaikumussalam wa-Rahmatullah,"
                               CERITA KEHIDUPAN BENAR

Saya terkenal sebagai Mikhail Irfan Aqil seorang bapa, suami, saudara lelaki dan rakan saya dari (Putrajaya) Malaysia dan saya telah mengalami banyak tekanan kewangan dan tidak ada yang dapat meminjam wang saya untuk menyelesaikan projek perniagaan saya bermula beberapa bulan lalu . Saya telah ditipu oleh beberapa agen palsu yang mendakwa mereka dapat membekalkan saya dengan bahan mentah untuk pengeluaran

Saya menjadi fraustrasi dan jika tidak untuk isteri saya, saya akan melakukan perbuatan bunuh diri kerana kesakitan itu terlalu banyak dan semua harapan hilang yang membuat saya mula hidup dari awal lagi dan ia tidak mudah sehingga saya bertemu ONE BILION RISING FUND sebuah syarikat pinjaman

Saya memutuskan untuk memohon pinjaman selepas saya menghubungi penguji syarikat yang sebenarnya memberi saya harapan dan memberitahu saya tidak tpo takut bahawa syarikat itu akan meminjamkan wang saya selagi saya boleh memberikan mereka requiremet yang merupakan beberapa maklumat peribadi dan saya lakukan jadi selepas saya melalui semua proses yang mereka meminjamkan wang mereka kemudian memberitahu saya bahawa saya telah dijumpai layak untuk pinjaman dan diminta untuk menunggu dan kejutan saya geatest saya mendapat dikreditkan dan ini membuat hidup saya lebih baik hidup dan dan sangat berterima kasih kepada Allah, Isteri saya dan kepada ONE BILLION RISING FUND
GMAIL "" "" "onebillionrisingfund@gmail.com

                      UNTUK MENGHUBUNGI AKU
Mikhail Irfan Aqil
mikhailirfanaqil@gmail.com
IG :: Mikhail Irfan

NURBRAYANI mengatakan...

Negara: Indonesia
WhatsApp: +62 838-3669-4853
Alamat: Surabaya
email saya: nurbrayani750@gmail.com
nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu

EVA FIORENTINA APRILA mengatakan...

Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA  dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi.Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di No Wa 085-254-384-488- rasa
senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB TANPA TUMBAL

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019
Untuk pertanyaan, silakan ChristabelCare - Pusat Layanan Pelanggan 24/7 kami +19177461022
Anda juga dapat menghubungi email Christabel Customer Care di customerervicechristabelloan@gmail.com.
tolong bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

RIKA NADIA mengatakan...

Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019
Untuk pertanyaan, silakan ChristabelCare - Pusat Layanan Pelanggan 24/7 kami +19177461022
Anda juga dapat menghubungi email Christabel Customer Care di customerervicechristabelloan@gmail.com.
tolong bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

Lady Lianmey mengatakan...

Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi
ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
WhatsApp nomor +15614916019

Lady Lianmey mengatakan...

Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi
ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
WhatsApp nomor +15614916019

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019

tolong bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

Nama saya Budiwati Permata
Pinjaman saya 800 juta
Christael Missan perusahaan investasi pinjaman
email: Christabelloancompany@gmail.com
Neville Street, Prairrieville, LA, Louisiana 70769, AS
Facebook: christabel missan ibu
Nomor Whatsapp +15614916019

grizell mengatakan...

Link Situs Judi Online Paling Menguntungkan dan Terjamin!! JANJIQQ
Miliki Winrate Hingga 98% dengan permainan Fairplay 100% Tanpa Bot yakni:
DOMINO, POKER,BANDAR66, BANDAR POKER, CAPSA SUSUN, ADUQ, SAKONG, BANDARQ, PERANG BACCARAT!!
Raih keuntungan istimewanya!! daftarkan diri anda sekarang dengan menghubungi +85570243722

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019

tolong bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

Nama saya Budiwati Permata
Pinjaman saya 800 juta
Christael Missan perusahaan investasi pinjaman
email: Christabelloancompany@gmail.com
Neville Street, Prairrieville, LA, Louisiana 70769, AS
Facebook: christabel missan ibu
Nomor Whatsapp +15614916019

CYNTHIA DAFA mengatakan...

Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Christabel Missan Loan Investment Company) untuk mengubah hidup saya daripada miskin untuk kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih atas perusahaan ibu yang jujur, MRS. PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN MISSAN CHRISTABEL yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang saya bisnis baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

Jika Anda tahu bahwa Anda memerlukan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
Instagram ': christabelmissan
Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

Silakan tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019

tolong bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

Nama saya Budiwati Permata
Pinjaman saya adalah 800 juta
Christael Missan perusahaan investasi pinjaman
Instagram: Christabel Missan
email: Christabelloancompany@gmail.com
Nomor Whatsapp +15614916019

dia mengatakan...


Thank you for posting this kinds of article. I am very happy to read your article.
jasa pembuatan website jogja

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena ada penipuan dimana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan oleh kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang mengenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke rekening ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, Nomor What'sApp +15614916019

mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

Nama saya Budiwati Permata
Pinjaman saya 800 juta
perusahaan investasi pinjaman christael Missan
Instagram: Christabel Missan
email: Christabelloancompany@gmail.com
Nomor Whatsapp +15614916019

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena ada penipuan dimana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan oleh kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang mengenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke rekening ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, Nomor What'sApp +15614916019

mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

Nama saya Budiwati Permata
Pinjaman saya 800 juta
perusahaan investasi pinjaman christael Missan
Instagram: Christabel Missan
email: Christabelloancompany@gmail.com
Nomor Whatsapp +15614916019